Kelebihan dan Kekurangan Oppo F7

Kelebihan dan Kekurangan Oppo F7

Cancerconf – Oppo F7 adalah ponsel Oppo yang sangat menarik di pasar Indonesia. Ponsel ini terlihat seperti layar besar dan dilengkapi dengan poni atau poni. Namun nilai jual utama ponsel ini adalah kamera dan teknologi kecerdasan buatan yang ada di dalamnya.

Ya, seperti seri-seri sebelumnya, kamera menjadi sektor penting bagi Oppo. Kesuksesan Oppo F5 dengan fitur AI Beauty-nya berlanjut di Oppo F7. Tentu saja, teknologi AI Beauty ponsel ini membuat fitur lebih baik dan lebih kaya.

1. Kamera depan AI Beauty 2.0

Oppo F7 sama dengan seri sebelumnya, fokus pada kemampuan kamera depan. Seperti yang diketahui banyak orang, Oppo belakangan ini dikenal sebagai salah satu produsen HP yang fokus pada kamera depan. Terbukti dengan produk mereka, khususnya seri F, termasuk seri Oppo F7.

Oppo F7 dibekali kamera depan 25MP yang lebih besar dari seri sebelumnya. Kamera depan ini tidak hanya memiliki resolusi yang besar, tetapi juga dilengkapi dengan teknologi AI Beauty 2.0. Teknologi kecerdasan buatan ini bekerja tidak hanya untuk menghasilkan foto selfie yang bagus, tetapi juga lebih dari itu.

Teknologi AI Beauty 2.0 mampu mengenali jenis kelamin berdasarkan tekstur wajah. Bahkan, ia mampu mengenali 296 titik di wajah. Selain itu, terdapat fungsi AR Sticker yang mampu menghasilkan gambar bergerak saat berfoto selfie. Jelas, ini membuat kamera depan Oppo F7 lebih unggul. Jika tidak percaya, berikut beberapa contoh hasil kamera depan Oppo F7.

Gimana, hasil selfienya bagus kan? Hasil selfie yang apik dari Oppo F7 juga tak lepas dari hadirnya sensor Sony IMX576 yang memiliki aperture f/2.0. Menariknya, sensor ini memiliki fungsi HDR real-time yang memungkinkan foto selfie menghasilkan gambar yang lebih baik dan detail.

Hadirnya HDR pada Oppo F7 menjadikan Oppo F7 sebagai ponsel pertama di Indonesia yang memiliki fungsi HDR. Sepertinya tak perlu diragukan lagi, nah, kamera depan Oppo F7. Apalagi kameranya mampu menghasilkan efek bokeh lho, meski hanya dengan satu kamera. Bahkan, nilai lebih dari sekadar aset.

2. Layar 19:9 penuh dengan Corning Gorilla Glass 5

Oppo F7 hadir dengan layar berukuran 6,23 inci dengan resolusi Full HD+. Layarnya sendiri memiliki desain layar memanjang dengan “notch” atau garis di bagian atasnya. Bisa dibilang Oppo F7 merupakan salah satu seri ponsel Android dengan notch seperti iPhone X.

Layar yang digunakan ponsel ini adalah LTPS IPS LCD yang dilindungi pelindung Corning Gorilla Glass 5. Menariknya, resolusi Full HD+ ponsel ini lebih memanjang berkat rasio 19:9. Resolusi 2280 x 1080 piksel yang tentunya memiliki jumlah piksel lebih banyak.

Menurut Gadgetshow, layar dari HP ini cukup bagus dan membuat mereka sangat senang dengan reproduksi warna gambar dan video. Layarnya juga selalu menampilkan tampilan yang bagus jika dilihat dari sudut pandang yang miring. Selain itu, fungsi untuk menonaktifkan “Notch Area Display” sangat berguna untuk menjalankan aplikasi yang tidak mendukung layar penuh dengan “notch”.

Meski tingkat kejernihan tampilan HP ini terasa kurang saat terkena sinar matahari, namun tampilan Oppo F7 secara keseluruhan cukup baik. Layarnya benar-benar dioptimalkan untuk kebutuhan multimedia. Nilai lebih dari Oppo F7 tentunya.

3. Level kamera belakang atas

Kamera belakang Oppo F7 masih mengusung kamera 16 MP, angka yang sama dengan yang disematkan pada kamera belakang Oppo F5. Meski jumlahnya sama, namun kemampuan kamera Oppo F7 lebih baik. Kamera Oppo F7 ini hadir dengan aperture f / 1.8 dan mendukung autofokus deteksi fase dan lampu kilat LED

4. Performa dinilai baik

Oppo F7 tidak hanya memiliki AI dalam urusan kamera, tetapi fungsionalitas AI juga tertanam dalam hal lain, seperti kartu AI yang memiliki kemampuan untuk membagi layar. Dengan fitur ini, Anda dapat meletakkan aplikasi favorit Anda di tempatnya. Ada juga fitur kecerdasan buatan yang memungkinkan foto dikelompokkan berdasarkan subjek foto atau lokasi pengambilannya.

Teknologi AI pada Oppo F7 juga berguna karena kompatibel dengan chipset yang digunakan. Chipset yang digunakan pada Oppo F7 adalah Mediatek Helio P60. Chipset ini merupakan chipset inovatif dari Mediatek. Bukan hanya karena ada teknologi kecerdasan buatan, tapi kapasitas chipset ini juga bagus.

Mediatek Helio P60 mampu mencapai skor Antutu sebesar 138.606, sebuah nilai yang cukup tinggi untuk sebuah smartphone kelas menengah.

Situs Unbox.ph mengklaim bahwa Oppo F7 mampu menjalankan aplikasi dengan cepat dan dengan dukungan RAM 4GB, ponsel ini juga sangat efisien dalam mengurus tugas sehari-hari. Tentunya dengan varian RAM 6GB dan ROM 128GB, kapasitasnya bisa lebih baik.

Menurut Unbox.ph juga, dengan Helio P6 yang di dalamnya terdapat prosesor octa-core dan dukungan grafis GPU MP3 Mali-G72, Oppo F7 dapat menjalankan berbagai game populer dengan baik. Game seperti Vainglory dapat berjalan pada frame rate 58fps dengan pengaturan grafis yang baik.

Game MOBA populer lainnya, seperti Arena of Valor, mampu berjalan pada kecepatan 30 fps dengan pengaturan grafis yang baik. Bermain PUBG juga relatif stabil. Oleh karena itu, bisa dikatakan performa Oppo F7 cukup baik di kelasnya.

5.Sidik jari dan buka kunci wajah

Kehadiran sensor sidik jari dan fungsi face unlock pada seri Oppo F5 kembali hadir di OPPO F7. Tentunya kedua fitur ini memberikan pengalaman yang baik untuk membuka tampilan Android. Face Unlock pada ponsel ini mampu memindai wajah secara akurat dengan kemampuannya mendeteksi 128 titik wajah.

Proses pengenalan wajah juga cukup cepat. Hanya membutuhkan waktu 0,08 detik untuk membuka Oppo F7 dengan cepat. Kecepatan buka kunci juga dihasilkan oleh sensor sidik jari. Seperti dilansir Detik.com, layar langsung terbuka setelah jari terhubung dengan sensor Oppo F7.

Kehadiran sensor sidik jari dan fungsi face unlock pada Oppo F7 bukan sekadar gimmick. Oleh karena itu, kehadiran dua fitur yang memiliki kemampuan cepat ini cukup terpuji.

Refensi : Berita Teknologi Terbaru

Related Post